Rabu, 16 Desember 2015

Jawaban UTS

1. Manajemen adalah suatu ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu yaitu berfungsi menerangkan kejadian-kejadian, gejala-gejala dan keadaan-keadaan yang ada. Sedangkan Manajemen sebagai seni berfungsi mengajarkan kepada kita bagaimana melaksanakan sesuatu hal untuk mencapai tujuan yang nyata-nyata mendatangkan hasil atau manfaat. 

organisasi adalah peraturan personil guna mempermudah pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan melalui alokasi fungsi dan tanggung jawab
Fungsi-fungsi Manajemen terdiri atas :
Perencanaan (planning),
Pengorganisasian (organizing)
Pengarahan (directing)
Pengkoordinasian (coordinating)
Pengawasan (controlling)
perencanaan ialah penentuan serangakaian tindakan berdasarkan pemilihan dari berbagai alternatif data yang ada, dalam hal ini dirumuskan dalam bentuk keputusan yang akan dikerjakan untuk masa yang akan datang dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan.
pengorganisasian didefinisikan sebagai suatu proses menciptakan hubungan , fungsi-fungsi dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.
Pengarahan dapat diartikan sebagai suatu aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan pikiran dan tenaganya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Koordinasi merupakan daya upaya untuk mensinkronkan dan menyatukan tindakan-tindakan sekelompok manusia. Koordinasi merupakan otak di dalam batang tubuh dari keahlian manajemen.
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilakukan dalam manajemen, karena dengan pengawasan dapat diketahui hasil yang telah tercapai. Dalam hal ini berarti bahwa dengan pengawasan akan dapat mengukur seberapa jauh hasil yang telah dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Mengapa perusahaan harus memiliki Visi dan misi ?
1. agar perusahaan memiliki Tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnisnya
2. Memiliki progress bisnis yang jelas dan terarah
3. dengan adanya Misi, maka perusahaan punya tujuan jelas untuk mencapai cita cita perusahaan

2. Analisa kejadian : Kemungkinan Jhon menerima pekerjaan tersebut hanya karena gaji yang menggiurkan tanpa mengetahui terlebih dahulu secara jelas Job describe pekerjaan yang dia terima tersebut, sehingga Jhon tidak merasakan nyaman dengan pekerjaannya .

Jika saya menjadi Jhon saya pun lebih memilih untuk keluar dari perusahaan tersebut, karena tidak hanya profit saja yang diperlukan saat bekerja, tetapi diperlukan Kenyamana serta memahami gambaran pekerjaan yang harus dikerjakan sehingga kita dapat lebih produktif dalam bekerja dan menghasilkan prestasi yang baik dibidang pekerjaan kita.

3. - Budaya Organisasi di asia : Biasanya memiliki jarak antara atasan dan bawahan yang biasanya si atasan ingin sekali dianggap bahwa dia itu atasan dan disaat si pegawai sangat mudah didiskusikan dengan atasan untuk mencari solusi bersama sama
- Budaya organisasi dieropa : biasanya disaat kita ingin mencapai suatu tujuan maka harus dibicarakan terlebih dahulu secara structural dan detail, berbeda dengan orang asia yang langsung bicara pada tujuan utamanya sehingga pegawai sulit sekali untuk berkembang.
- Budaya organisasi di amerika : disana tidak ada jarak antara atasan dan bawahan hubungan yang baik antara pemimpin dengan pegawainya, serta komunikasi yang baik satu sama lain

4. Ridwan kamil memiliki tipe kepemimpinan Demokratif karena beliau selalu memerhatikan kinerja anak buahnya, selalu terbuka dalam memberika saran serta memiliki kordinasi yang baik terhadap semua bawahannya. untuk gaya kepemimpinannya, Ridwan kamil memiliki gaya kepemimpin Kharismatik karena beliau Mempunyai daya tarik dan kekuatan energi yang kuat yang berasal dari latar belakang biografikal, pendidikan, penampilan, sehingga pengikutnya besar, dia dianggap memiliki kekuatan gaib . beliau pun memiliki Visi yang besar serta kepercayaan diri yang baik dan mampu meyakinkan bawahaan bahwa visi yang dijalankannya jelas dan berdampak baik di masa depan

5. Hal Hal yang terjadi jika terjadi kesalahan komunikasi dalam organisasi :
- Terjadi Miss Understanding atau Miss Communicating
- Berkurangan rasa saling mempercayai satu sama lain
- terjadinya konflik diantara anggota maupun divvisi di organisasi tersebut
- terjadinya kesenjangan antara anggota maupun divisi di organisasi tersebut
- Sulitnya merumuskan ide karena terjadinya konflik internal di antara organisasi tersebut

6.Strategi pemasaran yang mereka lakukan ialah dengan memberikan promosi yang unik dan kreatif serta didukung dengan media pemasaran yang bagus dan keren, ditambah dengan hadiah yang menarik sehingga membuat para pelanggan tertarik untuk mencoba produk tersebut

7. persaingan yang terjadi pada grafik tersebut ialah persaingan yang hanya di dominasi oleh produk dengan Brands yang telah lama ada dan memiliki Kualitas yang baik, sedangkan produk baru tidak dapat bersaing dengan baik. Kecenderungan konsumen hanya percaya terhadap produk dengan brands hebat tanpa mencoba menggunakan alternative yang lain membuat produk  produk yang lain tidak mengalami grafik perkembangan yang baik .

0 komentar:

Posting Komentar